Bahaya Tidur Setelah Shubuh Dan Ashar

Bahaya Tidur Setelah Shubuh Dan Ashar – Tidur merupakan salah satu bentuk istirahat terbaik, namun jika salah dalam memilih wakti tidur bukannya mendapatkan kesehatan tapi malah memperburuk kondisi kesehatan tubuh. Sebagai seorang muslim yang mengatur segala bentuk aktivitas kehidupan termasuk tidur. Kita dituntut untuk tidak memilih waktu tidur setelah shubuh dan ashar, mengapa demikian? Hal ini mungkin sesuai dengan sabda rasulullah SAW yang melarang ummatnya untuk tidak tidur di kedua waktu tersebut.

Larangan tidur di kedua waktu tersebut bukan hanya sebuah hukum dalam islam yang harus dipatuhu, akan tetapi pastinya terdapat sebuah alasan yang jika kita melanggarnya maka dapat merugikan diri kita terlebih untuk kesehatan tubuh. Nah, dalam kesempatan ini kami akan memberikan informasi seputar bahaya tidur setelah shubuh dan ashar menurut pandangan medis. http://walatragamatemaskapsul.com/

Bahaya Tidur Setelah Shubuh Dan Ashar
Bahaya Tidur Setelah Shubuh Dan Ashar

Bahaya Tidur Setelah Shubuh Dan Ashar Menurut Penelitian Medis

Kesehatan memang harus dijaga dengan baik, dan salah satunya adalah dengan tidur berkualitas. Penelitian yang sudah pasti mengenai waktu terbaik untuk tidur adalah di malam hari. Namun walaupun demikian masih saja banyak mereka yang tidur di pagi hari dan sore hari. Islam melarang umatnya untuk tidak tidur di kedua waktu tersebut. Namun secara medis belum ada penelitian yang pasti. Mungkin lebih tepatnya adalah bahaya tidur di pagi hari dan sore hari untuk kesehatan. Nah dari beberapa sumber yang kami rangkum, ada beberapa informasi mengenai bahaya tidur di sore hari dan pagi hari, berikut informasinya:

1. Bahaya Tidur Di Sore Hari

Meningkatkan Kadar Kolesterol

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa seseorang dengan rutinitas tidur di sore hari memiliki tingkat kolesterol tubuh yang tinggi dibandingkan orang yang tidak pernah tidur di sore hari. Kadar kolesterol bisa naik tanpa Anda sadari saat tidur sore karena tubuh secara otomatis harus tidur bila metabolisme tubuh dalam keadaan maksimal.

Menurunkan Daya Ingat

Mungkin Anda pernah merasakan saat tidur sore kemudian terbangun pada saat malam hari. Rata-rata orang tersebut akan merasakan suasana berbeda dari biasanya kemudian merasakan hilang ingatan sementara mengenai waktu. Perpindahan dari sore ke malam membuat tubuh tidak menyesuaikan secara otomatis karena masih dalam kondisi tertidur. (baca juga: Manfaat Daun Seledri Bagi Penderita Asam Urat)

Meningkatkan Resiko Diabetes

Jika seseorang memiliki kebiasaan tidur di sore hari maka seharusnya waspada terhadap serangan diabetes dini. Berbeda dengan seseorang yang memiliki kebiasaan tidur siang akan merasa sulit untuk tidur di malam hari. Tidur di sore hari secara langsung akan mempengaruhi produksi insulin tubuh yang cenderung menurun karena kurang aktivitas. Perubahan waktu tidur secara otomatis akan mengganggu siklus tubuh dalam waktu 24 jam.

Tubuh Akan Terlihat Lesu

Mungkin Anda tidak pernah menyadari bahwa seseorang yang sering tidur di sore hari berpotensi menurunkan daya tahan tubuh karena metabolisme dalam tubuh menghabiskan waktu di sore hari dimana pergerakan sore ke malam sangat penting. Otak secara otomatis akan memberi instruksi ke seluruh organ tubuh saat menjelang malam. Jika tubuh tidak merespon dengan cepat maka kondisi tubuh akan terasa kurang pas. Hati-hati jika Anda sering tidur larut sore hari karena bisa menimbulkan berbagai penyakit.

2. Bahaya Tidur Di Pagi Hari

Terkena gangguan pencernaan pada lambung 

Tubuh akan memulai proses penyerapan makanan di dalam tubuh anda. Dan itu hanya bisa di lakukan jika posisi tubuh anda dalam keadaan normal, sadar, dan bangun. Untuk itu, gunakanlah waktu pagi mu dengan sarapan dan melakukan aktivitas pagi. Sebab banyak bahaya melewatkan sarapan pagi anda. sarapan sangat baik untuk kesehatan anda.

Terjadi gangguan pada proses metabolisme

Sistem metabolisme dalam tubuh tidak akan berjalan jika kondisi tubuh manusia dalam keadaan tidur. Jenis kelainan metabolik beragam, seperti kelainan pada proses metabolisme lemak, dan lain-lain. Hal ini disebabkan karena dalam posisi tidur, semuanya akan berjalan sangat lambat. Padahal, untuk melakukan metabolisme membutuhkan banyak energi. Tidak ada salahnya jika pagi waktu yang Anda punya untuk sarapan diganti dengan waktu tidur. Pekerjaan metabolik Anda akan terganggu.

Bangun tidak dalam kondisi fresh

Harapan orang terbangun adalah keadaan tubuh yang bugar dan kondisi tubuh segar. Hanya saja kedua hal ini akan menjadi tidak mungkin jika Anda tidak terbangun pada saat yang tepat. Kebanyakan orang suka begadang untuk belajar, seperti pelajar. Padahal ada pengaurh night sleep pada prestasi belajar. Kemudian mereka akan bangun atau tidur di pagi hari. Meski terbangun di pagi hari atau tidur di pagi hari hanya akan membuat tubuh Anda menjadi lelah dan lesu.

Merasa pusing atau sakit kepala

Salah satu penyebab kepala sering pusing adalah karena tidur pagi. Pada waktu tidur, cairan otak yang di sebut dengan serebrospina mengalir terus ke otak. Jika waktu tidur anda lama, cairan ini akan terus menerus mengalir. Hal inilah yang menyebabkan anda merasa sakit kepala. Jangan khawatir, ada beberapa tips untuk mengatasi sakit kepala terutama cara mengobati sakit kepala bagian kiri.

Kehilangan waktu produktif

Menurut Pakar, waktu paling produktif adalah pagi hari. Ini karena pikiran masih terasa segar setelah beristirahat semalam. Jika pagi hari Anda gunakan untuk tidur, maka tubuh akan kehilangan waktu yang berharga.

Disorientasi (sulit berkonsentrasi)

Tidur terlalu lama akan membuat otak sulit berkonsentrasi. Tidur terlalu lama atau terbangun akan membuat kita menjadi bingung dan sulit mencari jalan keluar. Kita juga tidak bisa mengembangkan gagasan yang telah kita rancang sebelumnya. Karena lebih parah akan terjadi kelupaan di dalam kita.

Mengganggu masalah psikologi

Kondisi yang sangat umum adalah sel-sel otak akan kembali bekerja ketika kita bangun pagi. Sementara bahaya tidur pagi jika sering dilakukan, justru akan membunuh sel- sel otak kita, akibatnya kita akan merasa malas untuk berpikir. Hal Ini akan mengganggu kondisi psikologi kita.

Itulah Bahaya Tidur Setelah Shubuh Dan Ashar, lebih tepatnya di pagi hari dan sore hari. Walaupun belum ada bukti penelitian yang lebih tepat. Namun menurut beberapa orang yang sering tidur di kedua wakti tersebut meraka membuktikan dampak buruknya. Menurut islam sendiri tidur di waktu subuh dapan menjauhkan dari reseki sedangkan di wakti setelah ashar mengakibatkan gila. Wallohualam ..

Baca juga: Walatra Gamat Emas Kapsul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *