Jenis Makanan Yang Bisa Mengurangi Kepadatan Tulang

walatragamatemaskapsul.com – Di alam semesta ini terdapat banyak jenis makanan yang dapat dikonsumsi mulai dari sayuran, buah-buahan, daging ayam daging kambing, dan lain lain semuanya bisa didapatkan secara mudah. Namun tahukah anda bahwa kesemua makanan yang tersedia di muka bumi ini tidak selalu memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Seperti yang akan saya bahas kali ini mengenai jenis makanan yang bisa mengurangi kepadatan tulang. Lalu apa saja makanan makanan tersebut, berikut penjelasannya:

Jensi – Jenis Makanan Yang Bisa Mengurangi Kepadatan Tulang

Jenis Makanan Yang Bisa Mengurangi Kepadatan Tulang
ILUSTRASI: Jenis Makanan Yang Bisa Mengurangi Kepadatan Tulang

1. Protein

Anda memerlukan protein untuk membantu memperkuat tulang, tetapi ketika Anda terlalu banyak makan protein ini, maka tubuh Anda akan memproduksi zat yang disebut sulfat yang bisa mengakibatkan keluarnya kalsium dari tulang Anda.

Hal ini biasanya di sebabkan oleh protein yang berasal dari hewan di bandingkan protein yang bersumber dari tumbuhan. Dalam suatu studi yang dipublikasikan, menyertakan wanita yang diteliti selama 10 tahun, para wanita yang makan daging merah 5 kali seminggu ditemukan akan mengalami masalah berkurangnya kepadatan tulang jika dibandingkan dengan mereka yang hanya makan daging merah 1 kali seminggu.

Baca juga:

2. Kafein

Dalam sebuah penelitian terbaru dari 31. 527 wanita Swedia berusia antara 40 hingga 76, yang dilakukan oleh Departemen Swedia Administrasi Makanan Nasional Toksikologi ini, para peneliti menemukan bahwa wanita yang minum 330 miligram kafein atau lebih dalam sehari – setara dengan sekitar empat cangkir kopi – memiliki peningkatan risiko patah tulang.

Risiko ini terutama dicatat pada wanita yang memiliki konsumsi rendah kalsium. Para peneliti tidak menemukan hubungan antara konsumsi teh dan peningkatan risiko patah tulang. Salah satu alasan mungkin bahwa kandungan kafein dari teh biasanya setengah dari kopi.

Studi Framingham Osteoporosis baru-baru ini mengukur kepadatan mineral tulang pada punggung dan pinggul dari 1.413 perempuan dan 1.125 laki-laki terhadap frekuensi konsumsi minuman ringan mereka.

Para peneliti menyimpulkan bahwa cola dan cola diet ( meskipun minuman berkarbonasi lain tidak diteliti ) dapat menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang pada wanita dan tidak hanya disebabkan oleh kafein, tetapi fosfor dalam minuman cola, juga. “Ini kemungkinan bahwa hubungan antara cola dan keropos tulang karena sebagian substitusi soda susu, mengurangi asupan kalsium,” kata Kristine Cuthrell, RD, ahli gizi penelitian dan koordinator proyek, Cancer Research Center of Hawaii, University of Hawaii di Honolulu.

3. Retinol, ( Bentuk lain dari vitamin A )

Dalam penelitian II yang dilakukan oleh Nurses Health, peneliti menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi vitamin A dalam dosis melebihi 3.000 mikrogram (mcg) perhari lebih mungkin untuk menderita patah tulang pinggul daripada wanita yang mengkonsumsi 1.500 mcg atau kurang sehari vitamin A.

Meskipun vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan tulang, terlalu banyak bentuk retinol dari vitamin A mengganggu penyerapan vitamin D, yang, pada gilirannya, menyebabkan keropos tulang.

Bentuk retinol dari vitamin A dapat ditemukan di makanan yang bersumber dari hewan seperti hati, kuning telur, dan produk susu serta suplemen diet. Sedangkan beta karoten vitamin A, yang ditemukan dalam makanan nabati seperti wortel dan ubi jalar, belum bisa dikaitkan dengan dampak negatif pada kesehatan tulang.

Baca juga:

Kenali faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kepadatan tulang

  • Sodium– terlalu banyak Sodium dalam diet Anda dapat menyebabkan Anda mengeluarkan kalsium dalam urin dan keringat. Sodium ditemukan pada garam meja dan banyak makanan olahan.
  • Oksalat– bentuk lain dari garam ditemukan di beberapa makanan, bisa mencegah Anda menyerap kalsium jika oksalat dan kalsium terkandung dalam produk makanan yang sama. Bayam, rhubarb, dan ubi jalar mengandung oksalat. Meskipun makanan ini dapat berperan dalam diet sehat, mereka tidak boleh dianggap sebagai sumber kalsium. Untungnya, oksalat tidak mengganggu penyerapan kalsium dari makanan lain yang dimakan pada waktu bersamaan dengan makanan yang mengandung oksalat.
  • Dedak gandum– satu-satunya makanan yang dikenal bisa mengurangi penyerapan kalsium bila dimakan pada waktu bersamaan dengan kalsium adalah dedak gandum murni. Jika Anda mengkonsumsi suplemen kalsium, makanan yang mengandung dedak gandum harus dimakan dua atau lebih jam sebelum atau setelah minum suplemen.
  • Alkohol– minum minuman beralkohol yang berlebihan juga terkait dengan kepadatan tulang yang lebih rendah karena alkohol mengganggu penyerapan kalsium dan vitamin D. Untuk menurunkan risiko osteoporosis Anda, akan lebih baik jika konsumsi alkohol Anda dikurangi.

Kurangnya asupan sayur dan buah pada menu diet dapat mengurangi kepadatan tulang

“Diet rendah dalam buah-buahan dan sayuran serta tinggi protein hewani dan karbohidrat, akan cenderung menghasilkan asidosis ringan yang, dari waktu ke waktu, dapat berkontribusi pada berkurangnya kepadatan tulang yang signifikan,” . “Menetralisir diet yang memproduksi asam, dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran serta dapat menjadi kunci penting untuk mengurangi keropos tulang saat penuaan.”

Makan menu diet seimbang dapat menjadi rumit ketika Anda mencoba untuk menjaga kesehatan tulang Anda. Namun, mengkonsumsi jumlah  kalsium yang disarankan setiap hari untuk mengimbangi kehilangan kalsium yang disebabkan oleh makanan lain yang Anda makan akan sangat membantu kesehatan tulang Anda.

Untuk informasi lebih detail anda bisa berkonsultasi dengan dokter.


Walatra Gamat Emas Kapsul suplemen herbal untuk menjaga kesehatan tulang anda, KLIK DISINI

posted by: walatragamatemaskapsul.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *