Makanan Penambah Sel Darah Merah

Makanan Penambah Sel Darah Merah – Anemia atau kekurangan sel darah merah adalah suatu kondisi yang disebabkan karena jumlah hemoglobin (sel darah merah) dalam tubuh berada di bawah normal. Jumlah sel darah merah yang terlalu sedikit ini dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, pucat dan mudah lelah. Selain itu, orang yang mengalami kurang darah juga dapat merasa pusing karena asupan oksigen ke otak kurang. Hal ini disebabkan karena fungsi utama sel darah merah adalah untuk mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh termasuk ke otak.

makanan penambah sel darah merah

Untuk mengatasi anemia, tentu anda harus mengetahui cara mengatasi kurang darah tepat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan penambah sel darah merah yang dapat memicu produksi hemoglobin. Mengkonsumsi makanan penambah sel darah merah sangat aman jika dibandingkan dengan mengkonsumsi obat kimia penambah darah. Lalu apa saja makanan yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah?

6 Makanan Penambah Sel Darah Merah

1. Daging Merah

Daging merah adalah salah satu makanan penambah sel darah merah terbaik, pasalnya pada daging merah terdapat hemoglobin dan zat besi yang tinggi. cara mengatasi kurang darah menggunakan daging merah ini sebaiknya memilih daging merah yang rendah lemak, selain itu penggolahannya pun harus tepat. Hindari pengolahan dengan cara digoreng karena dapat menambah jumlah lemak pada daging, sehingga memicu timbulnya penyakit seperti serangan jantung atau stroke. Daging merah juga termasuk ke dalam makanan penyebab asam urat yang perlu anda hindari. Sebaiknya, konsumsi daging merah dalam jumlah porsi yang sedikit.

2. Sayuran

Sayuran adalah makanan penambah sel darah merah yang sangat efektif. Namun anda harus memperhatikan jenis sayurannya, karena tidak semua jenis sayuran tergolong ke dalam makanan penambah sel darah merah. Beberapa sayuran yang dapat digunakan untuk menambah darah antara lain adalah ubi, bayam, kacang polong, kacang merah, kol, lobak, kentang, sawi dan brokoli. Dari semua makanan tersebut, ubi merupakan makanan yang paling ampuh untuk menambah sel arah merah. Ini dikarenakan ubi mengandung banyak zat besi dan dapat mengaktifkan sel darah merah dalam tubuh anda. serta dapat menambah asupan oksigen ke dalam tubuh anda.

3. Buah-Buahan

Makanan penambah sel darah merah selanjutnya adalah buah-buahan. Buah-buahan yang baik untuk menambah sel darah merah adalah buah yang banyak mengandung vitamin C, B12. Buah-buahan tersebut antara lain adalah kismis, apel, plum, anggur dan melon. Selain itu, buah jeruk dan limau juga baik untuk menambah sel darah merah, karena selain mengandung vitamin C yang tinggi, jeruk dan limau juga mengandung zat besi.

4. Kacang Almond

Kacang-kacangan adalah makanan yang baik digunakan dalam cara mengatasi kurang darah. Hal ini dikarenakan kacang mengandung banyak kandungan gizi seperti zat besi yang dapat menambah jumlah sel darah merah dalam tubuh anda. salah satu jenis kacang yang paling banyak mengandung zat besi adalah kacang almond, dalam setiap ons kacang almond terbukti dapat memenuhi 6% kebutuhan zat besi dalam tubuh anda. cara pengolahan almond ini sendiri sangat beragam, dapat dijadikan untuk toping cake, campuran cokelat atau dipanggang dan dimakan langsung.

5. Gandum

Jenis makanan yang berbahan dasar gandum juga dapat dicantumkan dalam makanan penambah sel darah merah. Ini karena gandum mengandung zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk menambah jumlah sel darah merah. Makanan olahan yang terbuat dari gandum contohnya adalah sereal, roti havermut. Ketiga jenis makanan ini dapat anda konsumsi setiap hari untuk membantu proses penambahan sel darah merah. Dengan mengonsumsi ke 3 makanan tersebut terbukti dapat memenuhi 20% kebutuhan zat besi dalam tubuh. Selain dapat meningkatkan jumlah sel darah merah, gandum juga baik digunakan untuk program diet. Karena gandum mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan dapat karbohidrat dalam gandum dapat mengurangi rasa lapar anda sedikit lebih lama.

6. Kuning Telur

Bahan makanan penambah sel darah merah lainnya adalah kuning telur. Pemilihan kuning telur untuk menambah sel darah merah ini terbukti efektif, karena kuning mengandung berbagai kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh untuk menambah sel darah merah atau hemoglobin. Pengolahan kuning telur untuk dijadikan obat penambah sel darah merah paling baik adalah dengan merebusnya.  Anda juga dapat menambahkan daun bawang merah dan sedikit air dalam kuning telur tersebut. minum obat penambah darah ini sebanyak 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore atau malam sebelum tidur.

6 makanan penambah sel darah merah tersebut dapat bekerja secara baik jika dikonsumsi secara teratur dan rutin. Namun ingat, ke 6 jenis makanan di atas harus dikonsumsi secara seimbang agar kandungan gizinya dapat anda peroleh dengan maksimal.

Baca juga:

Ramuan Tradisional Penambah Sel Darah Merah

Selain menggunakan makanan, anda juga dapat menggunakan ramuan tradisional untuk mengatasi anemia. Beberapa ramuan tradisional yang dapat anda buat sebagai obat penambah sel darah merah adalah sebagai berikut :

1. Ramuan Pertama

  • 5 gram jahe merah kering
  • Iris tipis dan rebus menggunakan 5 gelas air, tunggu hingga airnya tersisa 3 gelas, lalu angkat.
  • Setelah itu saring amoasnya dan minum air rebusan tersebut 3 kali sehari

2. Ramuan Ke Dua

  • Siapkan hati ayam dan 10 buah angco
  • Rebus ke 2 bahan tersebut, setelah matang angkat
  • Makan hati ayam dan angco rebus tersebut sesering mungkin

3. Ramuan Ke Tiga

  • 20 gram jomblang
  • Tumbuk jomlang yang telah dibersihkan, setelah itu tambahkan iar dan peras sarinya.
  • Minum ramuan ini 1 kali sehari.

Itulah ramuan tradisional untuk menambah darah secara alami. Namun selain itu, ada suplemen herbal yang bagus untuk menambah sel darah merah secara alami, cepat, aman tanpa efek samping. Salah satu suplemen herbal yang kami rekomendasikan adalah QNC JELLY GAMAT. Merupakan suplemen kesehatan berbentuk jelly ( seperyi madu ) yang terbuat dari ektrak teripang emas. Teripang emas ini adalah bahan herbal hewani yang kaya manfaat, didalamnya mengandung berbagai nutrisi dan zat alami yang penting untuk meregenerasi sel terutama menambah sel darah merah. Untuk iformasi lebih lengkap, silahkan kunjungi, Obat Herbal Qnc Jelly Gamat.

Posted by: walatragamatemaskapsul.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *