9 Obat Tradisional Untuk Membantu Mengobati Panas Dalam

9 Obat Tradisional Untuk Membantu Mengobati Panas Dalam – Panas dalam memang umum dialami oleh setiap orang, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Panas dalam biasanya ditandai dengan gejala sakit di bagian tenggorokan, mengeluarkan bau mulut yang tidak sedap, sariawan, batuk, serta bibir kering dan pecah-pecah. Panas dalam sendiri dering dianggap hal yang biasa bahkan disepelekan. Padahal yang perlu anda ketahui, panas dalam yang anda rasakan sebenarnya merupakan gejala awal dari suatu penyakit.

Contoh penyakit yang ditandai dengan panas dalam adalah TBC, demam berdarah, dan paru-paru. Untuk mengatasinya, sebaiknya anda menggunakan obat herbal panas dalam. Karena pengobatannya menggunakan bahan herbal atau alami, tentu saja akan aman untuk tubuh anda dan tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan anda.

Obat Tradisional Untuk Membantu Mengobati Panas Dalam

Berikut Adalah 9 Obat Tradisional Untuk Membantu Mengobati Panas Dalam Yang Bisa Dicoba

1. Air Kelapa Muda

Selain manfaat minyak kelapa untuk tubuh, kelapa muda juga bisa dijadikan sebagai Obat herbal panas dalam yang bisa anda gunakan yaitu dengan mengkonsumsi air kelapa muda. Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda selain dapat menghindarkan anda dari dehidrasi, menghilangkan racun-racun dalam tubuh, serta meredakan panas dalam yang anda derita.

Anda cukup mengkonsumsi air kelapa muda yang ditambahkan dengan gula ataupun madu. Apabila panas dalam anda disertai dengan radang tenggorokan, sebaiknya anda tidak menambahkan es batu ke dalam air kelapa muda yang akan anda konsumsi untuk mengobati panas dalam.

2. Kacang Hijau

Obat herbal panas dalam selanjutnya yaitu menggunakan kacang hijau. Cara mengkonsumsi obat herbal kacang hijau juga cukup mudah, anda cukup merebus kacang hijau yang anda tambahkan dengan jahe yang sudah anda memarkan, serta tambahkan pula dengan gula batu. Rebus sampai air mendidih. Minum air rebusan kacang hijau ini 2 kali sehari secara teratur, dan sampai panas dalam yang anda alami sembuh. Untuk anda ketahui, kandungan yang terdapat dalam kacang hijau sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh anda.

3. Cincau

Untuk mengobati panas dalam yang di derita oleh anak, anda bisa menggunakan cincau. Cincau dipercaya dapat menjadi obat herbal panas dalam, karena cincau mempunyai manfaat sebagai pendingin tubuh. Anda bisa memberikan cincau pada anak anda dengan diberi dengan sedikit madu, berikan dua kali sehari agar panas dalam anak anda cepat sembuh. Dan bila cincau akan anda gunakan sebagai obat herbal panas dalam, sebaiknya anda juga tidak menambahkan dengan es.

4. Kencur

Selain sebagai bumbu masakan, anda juga bisa memanfaatkan kencur untuk mengobati panas dalam. Cara mengobati panas dalam dengan kencur juga sangat mudah, parut kencur kemudian ambil airnya dengan cara diperas. Campur air perasan kencur dengan sedikit air dan juga madu, untuk hasil yang maksimal minum air kencur secara teratur 2 kali sehari. dengan meminum air kencur ini anda juga akan mendapatkan manfaat ganda, selain dapat menjadi obat herbal panas dalam, kencur juga dapat digunakan sebagai obat batuk serta menyegarkan tubuh anda.

5. Air Garam

Air garam mengandung senyawa mineral alami, dimana senyawa ini dipercaya dapat mengobati berbagai macam gejala panas dalam seperti radang tenggorokan. Berkumurlah menggunakan air garam secara teratur sampai gejala panas dalam bisa benar-benar teratasi. Itu bermanfaat selain untuk menghilangkan plak pada gigi.

6. Lemon

Satu lagi manfaat air lemon lemon untuk kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu sebagai obat herbal panas dalam. Anda dapat mengkonsumsi air perasan lemon, yang dicampur dengan satu sendok madu dan air hangat.  Kandungan vitamin C dalam lemon dapat mengobati panas dalam jika anda rutin mengkonsumsinya.

7. Daun Sirih

Selain dapat digunakan untuk mengatasi keputihan dan rabun jauh, daun sirih juga dapat mengobati panas dalam. Anda dapat menggunakan daun sirih sebagai obat herbal panas dengan cara, merebus beberapa lembar daun sirih sampai air mendidih. Setelah itu dinginkan dan minum untuk meredakan panas dalam anda. Air daun sirih ini bisa anda minum sewaktu-waktu dan sebaiknya jangan terlalu sering, karena ada pendapat bahwa bila terlalu sering mengkonsumsi air daun sirih juga tidak baik untuk rahim anda.

8. Daun Alang-Alang

Daun alang-alang biasanya dianggap sebagai gulma bagi petani, tetapi ternyata daun ini mempunyai manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun alang-alang untuk kesehatan yaitu, dapat anda gunakan sebagai obat herbal panas dalam. Caranya, rebus daun alang-alang yang sudah anda bersihkan terlebih dahulu, kemudian tambahkan juga dengan gula batu. Rebus sampai mendidih, kemudian dinginkan. Setelah dingin minum air rebusan daun alang-alang 2 kali sehari, atau bisa juga sampai panas dalam anda teratasi.

9. Cuka sari apel

Baca juga:

Untuk mengobati panas dalam, anda dapat berkumur menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel bermanfaat untuk membersihkan tenggorokan, serta membunuh bakteri penyebab gejala panas dalam di tenggorokan.

Itulah beberapa obat herbal panas dalam, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kesehatan anda dan keluarga.

*Jangan dilanjutkan jika keadaan memburuk, segera tangani oleh dokter anda!

Posted by: http://walatragamatemaskapsul.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *