7 Cara Mengobati Batuk Berdahak Dengan Ramuan Tradisional

Batuk merupakan salah satu bentuk dari melemahnya sistem imun didalam tubuh. Batuk disebabkan oleh virus dan biasanya dibarengi dengan pilek atau flu yang menyiksa. Pada dasarnya ketika sistem imun kita turun itu disebabkan karena kondisi badan yang kelelahan dan kurang istirahat sehingga beberapa virus atau bakteri dengan mudahnya menyerang tubuh.

Beberapa hal yang bisa diakibatkan karena penyakit ini ialah sakit pada dada karena gerakan yang terjadi saat kita batuk, dan apabila batuk anda sudah parah, maka hal yang paling terjadi ialah ketika anda terbangun tengah malam saat anda batuk. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu tidur anda, oleh karena itu anda perlu mengetahui 7 cara mengobati batuk berdahak dengan ramuan tradisional.

Cara Mengobati Batuk Berdahak

7 Cara Mengobati Batuk Berdahak Dengan Ramuan Tradisional

1. Jahe

Seperti yang diketahui bahwa jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik untuk tubuh kita. Jahe juga bisa menghangatkan tubuh kita dan mengobati anda yang sedang sakit batuk berdahak, untuk anda yang sedang batuk berdahak dianjurkan untuk meminum sari jahe minimal sekali dalam sehari. Cara membuatnya pun sangat mudah dan saya yakin bahwa anda semua pasti bisa melakukannya yakni dengan mengiris jahe dan kencur, kemudian direbus dengan air, dan airnya tersebut yang akan menjadi obat dan anda minum.

Baca juga:

2. Kunyit

Salah satu bahan alami yang bisa diolah menjadi obat tradisional untuk batuk berdahak ialah kunyit. Caranya pun cukup mudah yakni dengan mencampurkan setengah gelas kunyit yang sudah ditumbuk dan dicampur dengan madu dan susu. Kunyit dipercaya mengandung bahan alami yang dapat mengobati batuk.

3. Kemangi

Selanjutnya ialah daun kemangi. Kemangi selain memiliki warna yang khas yang biasa dimanfaatkan untuk makanan ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk berdahak. Ramuan yang dari kemangi ini bisa meredakan dan mengobati batuk dan cara pembuatannya pun cukup mudah yakni dengan mencampur segelas air putih dengan 3 daun kemangi, airnya tersebut bisa anda minum sebagai obat batuk anda.

4. Jeruk Nipis

Sudah tidak asing lagi bahwa jeruk nipis yang dicampur dengan kecap sangat mujarab sebagai obat batuk berdahak. Namun apabila anda tidak terlalu suka kecap, maka anda bisa menggantinya dengan madu. Caranya ialah campur air perasan jeruk nipis dengan madu atau kecap tersebut kedalam setengah gelas air dan minum sebanayk 3 kali sehari supaya batuk anda lekas sembuh.

5. Daun Asam Muda

Obat alami yang lain ialah daun asam muda. Ternayata daun asam muda juga dapat menyembuhkan batuk. Caranya juga sangat mudah yakni dengan mencampur segenggam daun asam muda dengan kayu manis dan gula batu, kemudian rebuslah dengan air secukupnya, rebus sampai mendidih kemudian saring dan ambil airnya. kemudian minumlah air rebusan tersebut.

6. Daun Sirih

Daun sirih ternyata bisa juga dijadikan obat batuk berdahak, Caranya juga hampir mirip dengan beberapa bahan alami diatas yakni dengan merebus daunsirih dan dicampur dengan jahe, kemudian minum air rebusan tersebut minimal sekali dalam sehari, lakukan hal tersebut secara rutin agar batuk anda cepat sembuh.

7. Air Putih Hangat

Perbanyaklah meminum air putih hangat karena hal tersebut dapat membantu untuk mengeluarkan dahak anda dari tenggorokan. Denagn meminum air putih hangat dapat menyembuhkan batuk secara alami dan juga sehat.

Nah itulah 7 cara mengobati batuk berdahak dengan ramuan tradisional yang sangat mudah anda dapatkan di rumah. Silahkan anda dapat mencoba satu persatu dan mana yang paling cocok untuk dijadikan herbal pengobatan batuk anda.

Ada satu herbal lagi yang bisa anda gunakan untuk pengobatan batuk yaitu lada. Rempah-rempah ini sangat membantu mengurangi batuk terkhususnya batuk kering yang sangat mengganggu. Jika anda terbangun di tengah malam karena batuk yang tidak tertahankan, bisa mencoba mengkonsumsi lada dan dengan seketika batuk akan berkurang. Semoga bermanfaat…

Posted by : walatragamatemaskapsul.com

Baca Juga :

Artikel Unggulan : Bahaya Tidur Setelah Shubuh Dan Ashar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *