6 Manfaat Mengkonsumsi Kacang Untuk Kesehatan Jantung

6 Manfaat Mengkonsumsi Kacang Untuk Kesehatan Jantung – Makan kacang-kacangan sebagai bagian dari diet dapat berpengaruh baik bagi jantung Anda. Kacang-kacangan yang mengandung asam lemak tak jenuh dan nutrisi lainnya merupakan makanan ringan yang kaya manfaat. Jenis kacang yang Anda makan tidak begitu penting, meskipun beberapa kacang memiliki nutrisi yang lebih baik daripada yang lain.

6 Manfaat Mengkonsumsi Kacang Untuk Kesehatan Jantung

Anda bisa makan kacang kenari, almond, hazelnut, atau jenis kacang lain, intinya hampir setiap jenis kacang memiliki banyak gizi. Jika Anda memiliki masalah jantung, makan kacang akan jauh lebih baik dibanding makan makanan ringan lainnya. Baca juga: Obat Diabetes Kering Tradisional

Kacang-kacangan dapat menurunkan LDL, low-density lipoprotein atau “kolesterol buruk” dalam darah. Kadar LDL tinggi dalam tubuh merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung. Makan kacang mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung fatal. Kacang juga meningkatkan kesehatan dinding arteri.

6 Manfaat Mengkonsumsi Kacang Untuk Kesehatan Jantung

Meskipun jumlahnya bervariasi, kacang-kacangan mengandung setidaknya 6 nutrisi yang dapat menyehatkan jantung, yaitu:

1. Lemak tak jenuh

Kandungan lemak tak jenuh dalam kacang-kacangan – baik lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda – dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat.

Baca juga:

2. Asam lemak Omega-3

Kacang-kacangan juga kaya akan asam lemak omega-3. Omega-3 adalah asam lemak sehat yang dapat mencegah irama jantung tak teratur yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Asam lemak omega-3 juga ditemukan dalam berbagai jenis ikan, tetapi kacang-kacangan merupakan salah satu sumber nabati terbaik asam lemak omega-3.

3. Serat

Semua jenis kacang mengandung serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

Serat juga membuat Anda merasa kenyang, sehingga makan lebih sedikit. Selain itu, serat juga diduga berperan dalam mencegah munculnya penyakit diabetes.

4. Vitamin E

Vitamin E dapat membantu menghentikan pembentukan plak di pembuluh arteri. Timbunan plak di arteri dapat menyebabkan nyeri dada, penyakit arteri koroner, atau serangan jantung.

5. Plant sterol

Beberapa jenis kacang mengandung plant sterol, suatu zat yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Plant sterol sering ditambahkan ke dalam berbagai produk seperti margarin dan jus jeruk.

6. L-arginine

Kacang-kacangan juga merupakan sumber L-arginine, suatu zat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dinding arteri.

Cara L-arginine meningkatkan kesehatan dinding arteri adalah dengan membuatnya lebih elastis sehingga tidak rentan akan terjadinya penggumpalan darah.

Posted : http://walatragamatemaskapsul.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *